Monday 4 January 2010

Napoleon Coste



Claude Antoine Jean Georges Napoléon Coste atau lebih dikenal dengan nama Napoleon Coste lahir di Amondans - Perancis tanggal 8 Juni 1805 dan meninggal 17 Pebruari 1883, dikenal sebagai Virtuoso Guitar & Komposer. Semenjak beliau kecil sudah dikenalkan dan diajarkan sendiri oleh ibunya hingga mahir bermain Gitar. Ketika remaja ia sudah menjadi seorang pengajar Gitar dan juga sering melakukan Konser. Ketika berusia 24 tahun, tepatnya tahun 1829 ia mencoba mengembangkan dirinya ke Paris dan ia berkesempatan belajar langsung dengan Fernando Sor. Dalam waktu singkat ia sudah mampu meningkatkan kemampuannya dan menjadi seorang Virtuoso Guitar di Perancis. Pada masa itu kepopuleran Musik Gitar masih kalah dengan Musik lainnya dan banyak Publisher menolak menerbitkan karya Coste, sehingga ia harus mendanai sendiri untuk publikasi karyanya.

Tahun 1863 terjadi suatu kecelakaan yang menyebabkan lengan Coste Patah, hal ini menghambat ia mengembangkan karier dan kerjanya. Walaupun demikian ia tetap konsisten dengan cara menyewa asisten untuk membantu dalam mengajar Gitar dan menulis Komposisi. Setelah gurunya Fernando Sor meninggal ia melakukan suatu Kontroversial dimana ia melakukan Edit & Publikasi ulang Karya Asli F. Sor "Metode Complete pour Guitare par Ferdinand Sor" dengan teknik penjarian yang lainnya. Sebenarnya yang tahu tujuan Coste berbuat itu hanya dirinya sendiri, tetapi kita secara positif berpikir bahwa Coste tetap ingin mengembangkan ajaran Gurunya.

Salah satu kegemaran Napoleon Coste adalah memainkan Guitar 7 senar dan ia adalah Komposer pertama yang menulis Notasi Gitar ke bentuk yang lebih Modern. Karyanya sangat banyak sekali dan yang terkenal dan sering dimainkan oleh kita yang khususnya belajar Gitar Klasik antara lain : Allegretto in A suatu etude sering dipakai siswa untuk latihan tangga nada A Mayor di posisi II & IX. Andantino (drop D), Andante in Dm Minor, La Romanesca, Barcarolle Op 51 dan lain-lainnya. Komposisi Coste yang terkenal "25 Etude op 38" yang dapat anda Download disini, juga ada Metode Gitar Coste. Untuk pemula Gitar Klasik, sebaiknya belajar dulu Methode Sor baru mencoba Methode Coste, bagi yang sudah belajar 1-3 tahun di sekolah musik dapat segera mencobanya. Disarankan juga menguasai Teknik Carcasi, Carulli & Guiliani serta Aguado setelah itu lanjutkan ke Teknik Tarrega, Barrios & Villa Lobos agar sempurna. Untuk tingkat Advance / Lanjut biasa disarankan untuk melatih Komposisi Bach, Scarlatti & Paganini.

Beberapa karya Coste yang sering dimainkan oleh Gitaris adalah :


Napoleon Coste - Etude 1 Op.38


Download Partitur :
Barcarole Op 51 No 1
25 Study Op 38 (1-9) Coste
25 Study Op 38 (10-17)
25 Study Op 38 (18-25)
Methode F.Sor-Coste
La Romanesca op 19
Grand Caprice Op 11 - Coste
Grand Senenade Op 30 - Coste
Fantaisie Op 16 - Coste
Marzuka Op 33 - Coste
Rossini Variations - Coste
Valse - Coste

No comments:

Post a Comment