Saturday 18 September 2010

ANDRES SEGOVIA


Andrés Segovia dilahirkan 21 Februari 1893 dikota Linares - Spanyol. Wafat 2 Juni 1987 dalam usia 94 tahun. Segovia dijuluki "Bapak Gitar Klasik" era New Age karena dedikasinya dalam mengembangkan Gitar Klasik hingga menjadi seperti sekarang ini. Segovia dapat digolongkan sebagai Gitaris Modern Klasik karena begitu banyak komposer pada jaman itu membuat Komposisi Gitar khusus untuk segovia dan ia sendiri begitu banyak mentranskrip berbagai komposisi dari alat musik lainnya seperti Cello, Biola, Piano dll yang kadang-kadang menurut orang itu sangat sulit.

Segovia mulai bermain gitar di usia 6 tahun untuk gitar flamenco karena ketertarikan dirinya pada Gitaris Flamenco dalam memainkan alat musik Gitar ini, salah satu adalah Paco de Lucena seorang Gitaris Flamenco yang terkenal pada saat itu. Sebagai biasanya keinginan Segovia mendalami Gitar di tentang keluarganya karena pada waktu itu Gitar hanya dianggap sebagai alat musik kelas rendah yang dimainkan dicafe-cafe dan itu berbeda dengan Piano & Biola. Keinginan Segovia untuk mendalami Gitar tidak bisa dibendung, tetapi stylenya tidak seperti flamenco tetapi cenderung klasik romantik seperti Torroba. Sebagai remaja Segovia banyak menghabiskan waktu mendalami Gitar secara otodidak dan berkembang setelah bertemu Fransisco Tarrega dan selanjutnya juga banyak menerima masukan dari Miguel Llobet dan memiliki gaya belajar mirip Segovia (suka bereksperimen sendiri).

Diusia 15 Tahun Segovia memulai Konser pertama di Madrid dengan memainkan karya Tarrega dan karya Bach yang ditrascriptnya sendiri. Setelah itu ia terus konser dimana-mana, yaitu 1912 di Madrid, 1915 di Paris & 1916 di Barcelona dan 1919 di Amerika Selatan. Pada masa itu sebenarnya Gitar tidak begitu populer, hanya di Spanyol dan Amerika Selatan saja yang lebih populer, karena sebelumnya ada usaha dari murid Tarrega lainnya yaitu Miguel Llobet. Karena ada kemajuan teknologi udara & Recording membuat usaha Segovia mulai memberikan hasil dan membuat Gitar mulai populer. Tahun 1924 ia mengunjungi Jerman dalam konser di Munich dan mendapat Gitar khusus dari Luthier Hermann Huaser - Jerman untuk konser 1928 di Amerika Serikat. Setelah konser di Amerika Serikat itu, komposer brasil "Heitor Villa Lobos" menyumbangkan karya-karyanya untuk dimainkan oleh Segovia dan selain itu ia tetap memainkan trascript sendiri. Tahun 1935 ia mempersembahkan Transcript Gitar dari karya J.S Bach "Chaconna in D" yang luar biasa hebat dan sulit.

Berkat usaha keras dari Segovia dan mendapat banyak dukungan dari berbagai komposer lainnya seperti Torroba, Frederico Mompou, Joaguin Rodrigo, Manuel Ponce, Mario Castelnuovo, Heitor Villa Lobos dan lainnya, membuat Gitar semakin populer dimana-mana. Teknik permainan Segovia sangat unik, berbeda denga Tarrega dan para murid lainnya (Emilio Pujol), dimana ia dan Llobet menggunakan kombinasi kuku dan ujung jari seperti yang banyak dipakai orang sekarang ini. Ada sesuatu yang penting dimana Segovia mau mengajarkan berbagai macam teknik yang dikuasinya dan membuat kelas Master sepanjang kariernya. Kelas Master yang terkenal salah satu diadakan di Santiago de Compostela. Salah satu karya transcriptnya yang terkenal adalah 20 Estudio Fernando Sor. Selama hidup ia banyak mendapatkan penghargaan misalnya dari gelas PhD, Award dan Gelar Bangsawan Spanyol.

Juni adalah bulan yang bersejarah bagi gitar klasik. Inilah bulan ketika pioner gitar klasik modern Andres Segovia, pada 2 Juni 1987, menghembuskan nafas terakhirnya di usia 94 tahun. Hingga akhir khayatnya Segovia telah mendedikasikan hidupnya untuk gitar klasik. Ia adalah penerus Tarrega, dengan kemampuan yang lebih inovatif.

Kritikus musik “The New York Times” Donal Henahen mengulangi kutipan wawancaranya dengan Andres Segovia, ketika menulis kolom “Obituary” pada edisi 4 Juni 1987, ketika sang maestro sudah tiada. Dalam wawancara yang terjadi ketika Segovia masih berusia 75 tahun itu, sang maestro mengungkapkan empat alasannya mengapa hingga akhir hidupnya ia mendedikasikan hidupnya untuk benda bernama gitar klasik.

“Pertama, untuk mengembalikan gitar saya dari ketenaran Flamenco. Kedua, saya ingin menggubah sebuah reportoir – Anda tahu bahwa hampir semua komponis hebat saat ini telah menciptakan repertoir untuk gitar; baik untuk saya maupun untuk murid-murid saya. Ketiga, saya ingin menciptakan sebuah komunitas untuk gitar klasik. Sekarang, saya telah memenuhi gedung pertunjukan musik terbesar sekalipun di berbagai negara, dan sebagian besar mereka yang datang adalah anak muda – saya sangat bangga karena telah mampu mencuri perhatian mereka dari ketenaran The Beatles. Keempat, saya telah ditetapkan sebagai orang yang mengangkat gitar sebagai alat musik yang memiliki kehormatan sejajar dengan piano, biola dan instrumen konser klasik lainnya di sekolah-sekolah musik,” katanya.

Menjadi murid Segovia menjadi menjadi sebuah kehormatan tersendiri bagi para gitaris-gitaris besar selanjutnya. Beberapa gitaris (kini menjadi gitaris klasik besar dunia) yang pernah menjadi muridnya adalah Julian Bream, John Williams, Christopher Parkening, Alirio Diaz, Oscar Ghiglia.

Hasil kerjanya adalah Gitar Klasik yang kita kenal sekarang ini dan begitu banyak menginspirasi untuk orang belajar Gitar.













Free Download Partitur :
IMPRONTU - Para Guitarra
Album - Arr. Segovia'
CHACONNE - Arr. Segovia
Suite Castellana - Torroba
20 Studies Fernando Sor for Guitar by Segovia
Estudio Sin Luz - Segovia
Tonadilla - Segovia


Andres Segovia - Tarrega - Capricho Arabe .mp3
Found at bee mp3 search engine


Andres Segovia - Studies (Sor); Allegretto in E .mp3
Found at bee mp3 search engine

Capricho Arabe Player Andres Segovia MP3
Allegretto in E F.Sor Player Segovia MP3
Chaconne -Bach Player Andres Segovia MP3

No comments:

Post a Comment