Tuesday 14 September 2010

EMILIO PUJOL


Emilio Pujol Vilarrubi Lahir di luar kota Lerida, Spanyol, di sebuah desa kecil bernama Granadella 7 April 1886. Ia dianggap oleh banyak orang sebagai Gitaris & Guru Gitar terkemuka pada abad 20. Diusia 5 tahun ia sudah belajar musik di solfeggio di desanya, kemudian studi musiknya dilanjutkan menjadi Mahasiswa di Minicipal School of Music di Barcelona. Sewaktu menjadi mahasiswa tahun 1900 ia berkesempatan untk konser di sebuah pameran di Paris dengan Bandurria Catalonion "Guitar Orchestra". Selama waktu selang antara 1899-1900 ayah Pujol meminta ia fokus juga untuk belajar Engineering di Univercity of Barcelona, tetapi berkat bantuan Dr. Don Ramon Pujol berhasil meyakinkan ayahnya agar ia dapat fokus belajar Musik.
Tahun 1901 untuk langsung belajar Gitar di Fransisco Tarrega di Konservatorium Barcelona, ketika itu usianya baru 15 tahun dan sementara itu Miguel Llobet sudah melakukan konser sebagai artis di luar Barcelona. Dalam biografi Tarrega, Pujol menggambar bahwa menyukai hal-hal Romantis. Selama belajar dengan Tarrega ia memperoleh latihan Posisi Jari Kiri - Kanan, Tuning dan Harmoni dan akhirnya menjadi siswa favorit. Setiap pagi ia mendapat latihan Arpeggio, Ceja, Slur & Trill. Setelah istirahat siang melakukan latihan Interpretasi dan melanjutkan latihan-latihan pribadi masing-masing murid. Banyak pengalaman yang didapatnya selama belajar dari Tarrega. Ketika Tarrega meninggal tahun 1909, Pujol sedang belajar teori dan komposisi musik di Paris dengan Agustin Campo (murid Dionisio Aguado) dan ia menyatakan kehilangannya atas wafatnya Tarrega dan murid lainnya Miguel Llobet juga turut berduka atas meninggalnya Tarrega. Mereka berdua menjalin kontak melalui surat agar hubungan selama ini tidak terputus.
Konser pertama diadakan tahun 1907 di Lerida dan dilanjutkan 1909 di Barcelona dan Tahun 1912 menetapkan karier sebagai Gitaris Konser. Antara tahun 1912-1929 ia melakukan konser keliling di seluruh Eropa Barat, tetapi selama perang dunia 1 (1914-1918) ia tetap berada di Spanyol (Catalonian). Tahun 1918 ia melakukan tour ke Amerika Selatan yang dimulai dari Buenos Aires (Argentina) & Menikah di Tahhun 1923 di Paris dengan Matilda Cuevas. Pujol juga belajar mendalami Komposisi Musik dengan Felipe Pedrell & Lionel de la Laurencie
Tahun 1926-1927 ia mulai menulis Transcription Gitar Vihuela & Baroque dan melalui bantuan rekan seangkatannya Daniel Fortea (Siswa Tarrega) yang memiliki usaha penerbit ia mempublikasikan Karya Asli & Transcriptnya. Karya lainnya yaitu Arrangement Two Guitar of the works of Albeniz & Granados diterbitkan oleh Casa Romero Fernandez.
Tahun 1928 ia mempublikasikan Pavana Milan dan menjadi populer hingga sekarang ini dan hingga saat ini banyak penerbit yang mempublikasikan kembali karya Emilio Pujol dan juga karya besar gurunya Frasisco Tarrega. Tahun 1935 - 1940 ia terus melakukan konser dan ceramah serta melakukan penelitian dan antara tahun 1941 - 1946 ia mulai mempublikasikan Vihuela Narvaez, kemudian 1949 mempublikasi karya Mudarra & Valderrabano (1963).
Tahun 1946-1969 ia mengajar di Konservatorium Musik Lisbon dan menjadi contoh sebuah lembaga akademis resmi dibidang Gitar. Secara pribadi ia diundang oleh Andres Segovia untuk mengajar kelas Master di Chigiana Academia) dan menjadi juri di Komperisi Gitar. Tahun 1965, Pujol meluncurkan sebuah Internasional Program dari Guitar, Lute dan Vihuela di kota Lerida, Spanyol. Acara ini menjadi sangat populer dan dihadiri oleh siswa dan guru dari seluruh dunia dan Pujol memberikan begitu banyak Kontribusi untuk masa depan Gitar dan sebagai pengagum Fransisco Tarrega. Ia meninggal dunia 21 November 1980 dalam usia yang sudah tua.









Free Download Partitur :
ETUDE NO. 1
VALS INTIMO
CANCION AMATORIA
EL ABEJORRO - ESTUDIO
MP3 Emilio Pujol Guitar Works
Cancion de Cuna - Emilio Pujol
Guajira - Emilio Pujol
In Memoriam Tarrega - Emilio Pujol
Maola del Avapies - Emilio Pujol
Rapdosia Valenciana - Emilio Pujol


Gary Rodriguez - Pujol, Emilio: Barcarolle .mp3
Found at bee mp3 search engine

Barcarolle - Player Gary Rodriguez MP3

No comments:

Post a Comment