Wednesday 22 September 2010

Heitor Villa Lobos


Heitor Villa Lobos dilahirkan di Rio de Janeiro - Brasil tanggal 5 Maret 1887 dan meninggal tanggal 17 November 1959. Villa Lobos adalah Komposer Brasil dan Pemain Cello, tetapi karya Gitarnya juga dikenal oleh para Gitaris Klasik. Villa Lobos banyak menulis karya gitar diperuntuk bagi Segovia yang pada waktu itu sangat populer. Kebanyakan karyanya memuat unsur musik rakyat Brasil, namun ia juga menggunakan unsur gaya musik impresionisme, ekspresionisme, barok, dan klasik. Villa-Lobos adalah komponis musik klasik dari Amerika Selatan yang paling terkenal.

Pada masa kecil ia belajar musik dari ayahnya, seorang pemusik. Tahun 1899 saat ayahnya meninggal dunia, Villa Lobos sudah menjadi seorang pemusik profesional dan bekerja sebagai pemusik di kafe dengan bermain Cello. Tahun 1905 Villa Lobos melakukan perjalanan pertamanya ke daerah timur laut Brasil untuk mengumpulkan musik rakyat. Selanjutnya, dia menempuh studi di institut musik nasional di Rio de Janeiro. Setelah perjalanan berikutnya ke pedalaman Amazon pada tahun 1912, Villa-Lobos kembali ke Rio de Janeiro. Pada tahun 1923, dia memperoleh beasiswa dari pemerintah untuk belajar di Paris. Setelah ia kembali ke Brasil pada tahun 1930, Villa-Lobos dijadikan direktur pendidikan musik di Rio de Janeiro.

Dia lalu merancang sistem pendidikan musik bagi generasi-generasi masyarakat Brasil. Sistem tersebut didasarkan pada budaya musik Brasil yang kaya dan berakar pada patriotisme. Dia menggubah musik untuk paduan suara anak-anak sekolah, seringkali mengadaptasi dari musik rakyat. Pengaruh Villa Lobos bagi generasi masyarakat Brasil hingga kini adalah rasa cinta terhadap tanah air.

Pada tahun 1944, Villa Lobos mengunjungi Amerika Serikat untuk memimpin penampilan karyanya (sebagai dirigen). Beberapa orkestra Amerika Serikat kemudian memesan karya-karyanya, dan ia bahkan menciptakan musik untuk film Hollywood, yaitu film berjudul Green Mansions pada tahun 1945. Tahun 1940-an periode keberhasilan Villa Lobos dalam skala internasional. Sebagai komponis dan dirigen atas pembawaan karya-karyanya, Villa Lobos berpindah-pindah dari Los Angeles ke New York dan ke Paris. Ia meninggal dunia di Rio de Janeiro.

Villa Lobos menggubah musik untuk piano, gitar, alat musik gesek, orkestra, musik kamar, beberapa opera, balet, dan sebagainya. Selain beberapa karyanya yang hilang, sebagian besar karya tersebut sering ditampilkan maupun direkam. Karya Villa Lobos yang paling terkenal adalah Bachianas Brasileiras nomor 5, yang digubah untuk vokal dan delapan cello, namun ditampilkan dalam berbagai kombinasi alat musik lainnya. Karya-karyanya untuk solo gitar juga terkenal antara lain : Choro No. 1, Marzuka Choro, Prelude & Etude/Estudio dll













Free Download Partitur :
CHORO NO. 1 - Villa Lobos
MARZUKA CHORO - Villa Lobos
Estudio - Heitor Villa Lobos
5 Prelude - Villa Lobos
Choro No. 1 - Arr. Almeida
Gavotta from Suite Brasileira
Marzuka from Suite Brasileira
Prelude No. 1 - Villa Lobos
Samba Le Le - Arr. Batista
Suite Popular Brasileira


Andr�s Segovia - Villa-Lobos: Prelude #1 In E M .mp3
Found at bee mp3 search engine

Prelude No. 1 by Segovia MP3

1 comment:

  1. terima kasih, karena blog ini banyak membantu memberikan referensi, dan yang paling saya sukai, arr. La Catedral versi Jesus Benites yang menurut saya sulit dicari.
    selain itu Biografi singkat namun jelas dari para Komposer gitar Eropa.
    Maju terus ... Tuhan Memberkati.Amin....
    salam kenal Doan Pujiatmoko

    ReplyDelete