Tuesday 26 October 2010

MANUEL DE FALLA


Manuel de Falla, adalah salah seorang Komposer Musik Klasik yang dilahirkan 23 Nov 1876 di kota Cadiz - Spanyol. Sejak kecil Manuel de Falla sudah belajar musik dengan ibunya dan diumur 9 tahun dia sudah mulai belajar Piano di kota dimana ia dilahirkan. Tahun 1890 ia melanjutkan studinya di Madrid dengan belajar Piano pada Jose Trago dan belajar komposisi pada Felipe Pedrell. M. Falla pernah memperoleh juara 1 dalam kompetisi piano di sekolah musik dimana ia belajar. Setelah selesai belajar di Madrid ia mulai menulis komposisi kecil dengan gaya Musik Tradisional Andalusia yang memang mempengaruhi hidupnya dan salah karya pertamanya dalam opera adalah La vida breve. Tahun 1907 - 1914 di berkarier di Paris dan bertemu dengan komposer besar seperti Maurice Ravel, Claude Debussy dan Paul Dukas dan memberikan pengaruh pada musik Manuel de Falla. Diawal Perang dunia I, ia kembali ke Madrid dan mulai banyak menulis karya nya seperti :

- The ballet El amor brujo - 1915
- The nocturne untuk for piano dan and orchestra - 1916
- The ballet The Magistrate and the Miller's Wife - 1917

Tahun 1921 - 1939 Manuel de Falla pindah dan tinggal di Granada, disana ia melanjutkan menulis komposisi opera El retablo de maese Pedro (1923) dan concerto harpsichord (1926). Ia juga banyak menulis komposisi untuk Orkestra dan Musik Ruangan. Tahun 1939 di Pindah ke Argentina dan disana ia menjadi guru musik dan menulis komposisi, Tahun 1946 di meninggal di Cordoba - Argentina. Selama hanyatnya Manuel de Falla hidup membujang (tidak menikah) sehingga ia tidak memiliki keturunan.

Beberapa karya Manuel de Falla yang di tulis kembali dalam Gitar antara lain :
Chanson du Feu Follet, Dance of the Corregidor, Dance of the Miller, Danza del Fuego Fatuo, Danza del Molinero, Homenaje a Debussy & La Vie Breve.















Free Download Partitur :
Chanson du Feu Follet - Pujol
Dance of the Corregidor - Behrend
Dance of the Miller - Behrend
Danza del Fuego Fatuo
Danza del Molinero
Homenaje a Debussy - Miguel Llobet
Homenaje a Debussy - Permjakov
La Vie Breve

02 - manuel de falla homenaje, le.
Found at bee mp3 search engine


Homenaje a Debussy MP3

No comments:

Post a Comment