Monday 4 October 2010

MARIA LUISA ANIDO


María Luisa Anido adalah salah satu Gitaris Klasik Wanita & Komposer yang cukup dikenal. Luisa Anido dilahirkan di Moron - Argentina 26 Januari 1907. Luisa Anido adalah putri dari Juan Carlos Anido and Betilda González Rigaud yang telah menetap sejak masih muda di Argentina. Gitaris Luisa Anido dan Luise Walker adalah contoh 2 orang Gitaris Wanita yang begitu banyak memberikan Inspirasi banyak orang tentang kemampuan personaliti Wanita khususnya di Argentina. Ayahnya "Juan Carlos Anido" begitu besar mendorong putrinya menjadi Gitaris terkenal.

Semenjak kecil Luisa Anido mengetahui Gitar dari Gitaris besar dunia seperti "Miguel Llobet & Emilio Pujol" yang sering diundang Ayahnya ke rumah. Dalam usia 10 tahun saja ia sudah mampu memainkan Etude in A No 22 - Napoleon Coste.Mendapat bimbingan khusus dari Miguel Llobet "Murid Tarrega", menjadi Luisa Anido menjadi Gitaris Wanita yang terkenal dan tahun 1927 ia sudah bisa berduet dengan Miguel Llobet (Rekaman). Dari Tahun 1930 - 1956 banyak rekaman yang ia lakukan antara lain : Asturias, Alhambra, Gran Jota, Danza Espanola 5, Cadiz, Pavane Milan, Saltarello,El Noi de la Mare,Amelia Testamente de Amelia,Burgalesa, Albada, Arada, Danza Mora, Bouree & Minuet itu dilakukan sendiri dan juga berduet dengan Andres Segovia yang merupakan sabahat baiknya.

Konser pertama kali ia lakukan di umur 11 tahun di Argentina bersama Miguel Llobet, Emilio Pujol dan Regino Sainz de la Maza, kemudian juga selanjutnya juga tampil bersama Segovia, Domingo Prat dan Agustin Barrios. Tahun 1952 ia melakukan Konser di Eropa kemudian ke Brasil dan kembali ke Argentina. Tahun berikutnya ia melakukan Konser ke Amerika Selatan dan Eropa dan kemudian ke Jepang. Dan tahun berikutnya ia melakukan Konser ke Eropa, Amerika Selatan.

Maria Luisa Anido dapat juga dianggap sebagai Pioner Gitaris Wanita dan selama 50 tahun berkarya ia menerimakan Gelar Professor Gitar dari National Conservatory of Music di Buenos Aires - Argentina. Dalam Sejarah Gitar, Andres Segovia menuliskan surat kepada Maria Luisa Anido tanggal 31 Mei 1979 yang membukti persahabatan dan kekagumannya pada Luisa Anido. Pada tahun 1982, 1984 dan 1986 dia pergi ke Kuba untuk memenuhi impian masa kanak-kanaknya untuk hidup di sebuah pulau di mana penduduknya hidup tenang dan damai. Pada tahun 1987 dia diangkat Professor dari Institut Seni Rupa dan untuk Juri dari International Guitar Festival Havana pada tahun 1988. Pada tahun 1989 ia menerima penghargaan sebagai salah satu pemain terbaik "Gitaris Klasik" dalam sejarah musik klasik di Argentina.

Ia Meninggal 4 Juni 1996 di Terragona - Spanyol dan dimakamkan di sana.












Free Download Partitur :
Catamarqueña (Vidala)
Canto de la Llanura
Gato (Popular)
Preludio Pampeano
Concierto Argentino
Barcarole - Anido
National Song - Anido
Vidalita - Anido
Yukatan Song - Anido

No comments:

Post a Comment