Tuesday 28 June 2011

ANTONIO VIVALDI


Antonio Lucio Vivaldi (Lahir 4 Maret 1678 – meninggal di Wina, 28 Juli 1741) pada usia 63 tahun. Vivaldi dijuluki "il Prete Rosso" (Pendeta Merah) adalah pendeta dan komponis musik barok dari Italia. Ia dikenal sebagai Maestro alat musik biola. Saat masih berusia dua puluhan, ia sudah menghasilkan komposisi musik yang dianggap sempurna. Sekitar lima ratus komposisi konserto telah dihasilkan sepanjang hidupnya. Vivaldi mewarisi kemampuan bermusik dari ayahnya, Giovanni Battista Vivaldi yang juga merupakan pemain biola di Katedral San Marco - Vinice Italia.

Reputasinya yang mencapai Jerman ini membuat Johann Sebastian Bach memuji Vivaldi, bahkan Bach sendiri mendapatkan inspirasi dari karya Vivaldi. Vivaldi bertugas sebagai guru musik dan berhasil membekali para penghuni Ospedalle della Pieta ini dengan kemampuan paduan suara dan kemampuan bermusik yang sangat baik. Di bawah arahannya, para penghuni Ospedalle della Pieta ini senantiasa menampilkan kualitas musik yang sangat tinggi.

Kariernya sebagai seorang komposer sangat menonjol,ia banyak menerima pesanan komposisi musik, biasanya dari kaum bangsawan. Bahkan Raja Louis XV dari Perancis pernah memintanya menulis komposisi. Serenade La Sena Festeggiante (Festival di Sungai Seine) yang ditulis setelah 1720 merupakan salah satunya.

Karya-karya Vivaldi juga banyak di abadikan dalam Instrumen Guitar, salah satunya yang dimainkan Maestro Terkenal "John William" yaitu "CONCERTO IN D"







Download Partitur :
Concerto in D - PDF Vivaldi
Four Seasons Winter - PDF Vivaldi
Sonata in A Minor - PDF Vivaldi
RV 93 Concerto in D Major - Largo

No comments:

Post a Comment